by

Waduuuh..! Pandemi Corona, Bisnis Penjualan Sayur- Mayur Petani Waihatu Anjlok Total

-Ragam-350 views

WAIHATU,N25NEWS.com -Akibat Pandemi Corona, yang mengakibatkan Pemerintah melakukan langkah pembatasan aktifitas warga, maka berengaruh pada sektor kehidupan ekonomi Masyarakat di Pedesaan.

Persoalan merosotnya kehidupan ekonomi Masyarakat ini berdampak di Desa Waihatu, Kecamatan Kairatu Barat, Kabupaten Seram Bagiam Barat, dimana setelah Pemerintah mengeluarkan anjuran untuk tidak melakukan aktifitas diluar rumah dengan tujuan memutus mata rantai Virus Corona, maka permintaan akan pasokan sayuran ke pusat pasar di Kabupaten SBB, seperti pasar Taniwel, Pasar Piru, Kamal dan Pasar Gemba,dan Pasar Kamarian anjlok.

Selain itu, permintaan pasar keluar daerah di luar Kabupaten SBB, seperti pusat Ibukota Provinsi, Kota Ambon dan pasar Saparua, juga mengalami penurunan drastis.

Kepala Desa Waihatu, Suyadi yang ditemui di Kantor Desa Waihatu, Sabtu, (18/4/2020) memvenarkan bahwa, dengan adanya dampak Covid-19 ini, maka hasil Sayur- Mayur dari Para Petani di Desanya tidak bisa terjual di pasaran.

Menurutnya, kalaupun ada hasil pertanian yang terjual, itupun dengan harga yang dibawah dibawah semestinya alhasil Para Petani tidak kembali modal, bahkan karena persoalan ini, Para Petani enggan memanen hasil taninya, sehingga sebagian hasil tani dibiarkan membusuk di kebun.
“Harga satu karung Ketimun bisa dihargai sepuluh ribu saja ” kata Pejabat yang juga penyuluh Pertanian itu.

Akibat hasil panen yang tidak sesuai dengan harga pasaran ini, kebijakan yang diambil Kades tersebut adalah mendaftarkan sebanyak 516 KK, untuk mendapatkan bantuan dari Pemerintah dengan alasan bahwa mayoritas Kepala Keluarga Desa Transmigran tersebut, yang menggantungkan hidupnya pada pertanian sayur- sayuran itu , mengalami dampak yang signifikan terhadap pembatasan akibat Pandemi Virus Corona
“Dengan adanya Dampak Covid-19 ini, maka Saya masukan warga Saya yang Petani itu untuk.mendapatkan bantuan dari Pemerintah, sehingga Mereka bisa berusaha kembali, Mudah- mudahan ancaman Covid-19 ini bisa cepat selesai dan bantuan bisa cepat dicabut ” Harapnya.

Untuk mengantisipasi jangka panjang Pandemi Corona ini, Kepala Desa tersebut juga menganjurkan warganya untuk menanam umbi- umbian sehingga hasilnya bisa untuk konsumsi sendiri.

Reporter :Nicko Kastanja

Editor :Redsksi

Comment

Direkomendasi