by

Soal Pemekaran Jasirah Leihitu, Ini 3 Skenario Usulan Aleg Ruslan Hurasan

-Politik-180 views

Piru,N25NEWS.com – Keinginan untuk Penggabungan tiga kecamatan di Jasirah Leihitu menjadi Kabupaten Leihitu, menjadi dambaan masyarakat yang berdiam di daratan Pulau Ambon tersebut sejak lama, karena itu dalam upaya merealisasikan pemekaran tersebut diwujudkan dengan pembentukan Consorsium Pemekaran Jasirah Leihitu.

Persoalan tersebut mendapat tanggapan dari Wakil Ketua Komisi IV DPRD Maluku, Ruslan Hurasan SE M.I Kom, dalam rilisnya yang dikirimkan kemedia ini, pada Minggu, (7/2/2021) Hurasan menyatakan, dalam perspektif otonomi daerah, pemekaran sesuai dengan PP 57 ada syarat administrasi dan syarat kewilayahan.

Menurut Hurasan, untuk syarat kewilayahan persyaratannya masih kurang, yakni wilayah Jasirah Leihitu masih memiliki tiga kecamatan yakni, Kecamatan Leihitu, Salahutu dan Leihitu Barat, sementara syarat untuk Pemekaran suatu wilayah menjadi Kabupaten adalah, minimal wilayah tersebut memiliki lima kecamatan.

Menurut legislator asal Jasirah Leihitu ini, ada sejumlah skenario yang sempat ditempuh untuk memuluskan upaya ini, yakni mendorong pemekaran dusun di Jasirah Leihitu menjadi Desa administratif maupun Desa Definitif.

” Skenario itu diusulkan oleh Katong, saat menjadi anggota DPRD Maluku 5 Tahun lalu, dan Kita sudah membentuk Pansus Pemekaran Jasirah Leihitu bersamaan dengan Pansus Pemekaran Seram Utara” jelas Hurasan.

Namun Menurutnya, saat Pansus telah dibentuk dan akan membahas Pemekaran Dusun menjadi Desa, dimana harus melibatkan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah, tetapi Pemkab Malteng tidak hadir. dalam pembahasan tersebut.
Karena itu, wakil ketua Komisi IV DPRD Maluku ini menilai, Pemkab Maluku Tengah tidak memiliki political Will untuk pemekaran Kabupaten yang berada di Pulau Ambon tersebut.

Dari pengalaman ini juga, maka Aleg dari Fraksi PKB ini mengharapkan, Anggota DPRD Kabupaten Malteng harus memiliki semangat untuk mengajak Pemkab Malteng supaya bersama- sama mendorong Pemekaran Dusun menjadi Desa di kawasan Jasirah Leihitu.
Selain itu juga, ada skenario lain yang diusulkan oleh Legislator asal PKB ini untuk Pemekaran Kabupaten JasirahLeihitu, yakni mengajak dua Kecamatan di Lease yakni Haruku dan Saparua untuk bergabung dengan Jasirah Leihitu menjadi Kabupaten.

Atau skenario yang ketiga adalah, mengajak dua kecamatan di Pulau Ambon yakni Kecamatan Teluk Ambon dan Kecamatan Baguala menjadi Kota Leihitu atau Kabupaten Leihitu.

Penulis Nicko Kastanja.

Editor : Redaksi

Comment

Direkomendasi