by

Setelah Dianalisa Hasil Treking 135 Orang Kotak Penderita Corona, Hasilnya 44 Jalani RDT

-Kesehatan-539 views

PIRU,N25NEWS.com -Setelah satu warga SBB dinyatakan positif terjangkit virus Corona , maka Gugus Tugas Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) Kabupaten SBB, melakukan penelusuran jejak langkah- langkah penderita selama berada di SBB.

“Dengan siapa Dia berhubungan, siapa-siapa yang Dia hubungi dan siapa yang membawa Dia itu, semua sudah Kita data, dan saat ini Kita sudah dapatkah 135 orang yang kontak dengan Dia” kata Koordinator Penanganan Korban Virus Corona Gustu SBB, dr Johanis Tappang saat ditemui sejumlah awak media di lantai 2 Kantor Bupati SBB,. Senin, (13/4/2020).

Menurut Tappang, ke 135 orang yang kontak dengan penderita itu akan dianalisa dan dikaji kembali tingkat kontaknya, setelah itu dilakukan Rapid Diagnosa Tes (RDT), untuk mengetahui apakah Orang yang kontak dengan penderita itu positif ataukah negatif
“Jadi nanti kita kaji lagi, kedalaman kontak orang – orang tersebut dengan pasien” cetusnya.

Selain itu, langkah pencegahan penyebaran Virus Corona yang dilakukan oleh Gugus Tugas Kabupaten SBB adalah, melakukan penyemprotan dinsekfetan seluruh Kota Piru, mulai dari pukul 11.00- Hingga 18.00 WIT yang dibantu oleh perangkat dan warga Desa, personil Polsek Piru dan Brimob Kompi II Piru.

Tappang kembali menegaskan, bahwa terkait 135 orang tersebut akan kembali akan dikaji apakah mereka masuk dalam kriteria orang yang akan diperiksa melalui Rapid Diagnosa Tes (RDT).

Soal keluarga Pasien Tappang mengungkapkan, setelah Pasien yang berinisial ERW(23) dirujuk ke Rumah Sakit Lantamal Ambon , maka keluarganya turut serta ke sana.

Riwayat perjalanan Pasien ERW(23) adalah Sbb, ERW adalah mahasiswa S2 yang sedang menempuh ilmu di salah satu Perguruan Tinggi di Jakarta, setelah Perguruan Tingginya diliburkan akibat merebaknya virus Corona di ibukota, maka ERW pulang ke Ambon dan tiba pada, Rabu,(18/3/2020).ERW sempat tinggal di kelurahan Kudamati Kota Ambon.

Pada Sabtu,(21/3/2020) penderita ERW melakukan perjalanan pulang Ke SBB, dengan menyewa mobil pangkalan dan sudah diidentifikasi mobil tumpangannya tersebut., Tiba di Pelabuhan Waipirit ERW menjalani tes Thermal Gan sempat menjalani pemeriksaan dan interogasi oleh petugas kesehatan yang berposko di Pelabuhan tersebut.

Dari informasi terakhir yang diterima dari Tappang pada hari ini, Jumat, (17/4/2020) hasilnya 44 orang yang menjalani Rapid Diagnosis dari jumlah itu ,28 orang telah menjalani tes pada Rabu, (15/4/2020) dirumahnya masing – masing dan hasilnya negatif.

Reporter :Nicko Kastanja

Editor : Redaksi

Comment

Direkomendasi