by

Serapan Anggaran Mitra Kerja Diatas 50%, Komisi I DPRD SBB Minta Efisiensi Anggaran Untuk Kepentingan Rakya

-Ragam-170 views

PIRU,N25NEWS.com -Dalam rangka pengawasan terhadap realisasi penyerapan anggaran APBD SBB Tahun 2020, mulai dari bulan Januari Hingga Juli pada Dinas maupun Badan dilingkup Pemda SBB dan sekaligus penyesuaian APBD SBB 2020 dengan Peraturan Bupati, maka komisi I DPRD mengundang sejumlah mitra kerja untuk melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) pada pekan kemarin.

Pada RDP yang berlangsung di Ruang Rapat Komisi I, Kantor DPRD SBB, Gunung Malintang, Piru pada Kamis, (9/7/2020), Komisi I DPRD SBB, mengundang tujuh Kepala Bagian di lingkup Pemda SBB yakni , Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setda SBB, Kepala Bagian Ekonomi dan Pengembangan, Kabag Hukum,Kabag Humas, Kepala Bagian Unit Layanan Pengadaan dan Kabag Organisasi tetapi Kabag Organisasi tidak hadir.

Dalam rapat yang dipimpin oleh Ketua Komisi I DPRD SBB, Jamadi Darman tersebut, terungkap realisasi penyerapan anggaran pengadaan Barang dan Jasa Kabupaten SBB periode Januari- hingga Juni 2020 adalah sebesar Rp 590.588.900 dari target Rp 1.081.977.120.

Anggota Komisi I DPRD SBB, Erfin Amirudin saat ditemui usai RDP tersebut menyatakan, pertemuan yang dilaksanakan adalah untuk mengukur kinerja masing- masing mitra sesuai dengan anggaran, sehingga DPRD dapat melakukan pengawasan terkait apa program kerja yang telah dijalankan Para Mitra mulai dari periode Januari hingga Juni 2020 di APBD penyesuaian tersebut.

Erfin menyatakan, serapan anggaran Dinas maupun Badan di Pemkab SBB telah mencapai target yakni secara Makro diatas 50 persen, meski pada kondisi ini, ada beberapa OPD yang targetnya tercapai tetapi ada juga yang mengalami kesulitan dalam melakukan eksekusi program di lapangan karena pergeseran anggaran.

Disingung mengenai pengaruh kondisi Pandemi Covid -19 terhadap penyerapan anggaran ,Erfin menyatakan, karena kondisi ini maka terjadi perubahan saat pembahasan anggaran sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan( PMK) No. 35 / PMK.07 / 2020 – Pengelolaan Transfer Ke Daerah & Dana Desa TA. 2020 Dalam Rangka Penanganan COVID-19, sehingga untuk program kerja Dinas tidak ada anggaran Dana Alokasi Khusus(DAK), pasalnya Dinas yang masih dipertahankan DAKnya adalah Dinas Pendidikan dan Kesehatan.

Erfin menandaskan, untuk persoalan penyerapan anggaran komisi I DPRD Kabupaten SBB juga menyampaikan solusi kepada OPD dan Badan yang menjadi mitra kerja Komisi I tersebut, untuk memperbaiki dokumen realisasi penyerapan sisa anggaran untuk lebih meningkatkan efisiensi dan lebih menfokuskan untuk program kerja yang betul- betul menyentuh pada Masyarakat.

“Jadi untuk hal- hal yang tidak terlalu efektif, itu bisa diarahkan untuk dilakukan kegiatan yang bermanfaat untuk kepentingan Kabupaten Khususnya untuk kepentingan Masyarakat Seram Bagian Barat” tandasnya.

Reporter :Nicko Kastanja

Editor :Redaksi

Comment

Direkomendasi