by

Prosesi Antar Dulang, Bupati Harap Ikon Wisata Dipromosikan Ke Turis Mancanegara

-Ragam-572 views

PIRU,N25NEWS.COM -Tradisi Antar Dulang Dusun Telaga, Desa Piru yang digelar pada Rabu, (12/6-2019) dihadiri Bupati SBB, Drs Moh Yasin Payapo M.Pd, yang didampingi oleh istrinya Ny Sarifah Payapo, hadir juga pada acara tersebut, Wakil Ketua DPRD SBB, Mustafa Raharusun, Anggota DPRD, Arifin Gresya, para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah(OPD), Camat Seram Barat, Rony Salenussa, Tokoh Masyarakat dari Desa Pela Dusun Telaga Piru, Para tokoh Agama dan tokoh Masyarakat setempat.

Dalam sambutannya Bupati SBB menyatakan, budaya “Antar Dulang” Dusun Telaga-Piru sudah menjadi ikon daerah yang mesti dipromosikan di tingkat regional, nasional bahkan sampai ke mancanegara.

“Maluku dikenal kaya dengan adat istiadat dan budaya, budaya “Antar Dulang” merupakan salah satu ikon daerah yang akan dipromosikan sehingga menjadi perhatian wisatawan baik lokal maupun Mancanegara,” Kata Bupati.

Bupati menambahkan, kedatangan para tetamu yang datang bukan hanya berasal dari Dusun Telaga -Piru tetapi dari berbagai daerah di Kabupaten Seram Bagian Barat, bahkan juga Masyarakat Maluku yang ingin menyaksikan secara langsung prosesi pengantaran dulang-dulang ( baki tempat menaruh makanan) ke Mesjid.

Dari Informasi yang dihimpun, prosesi mengantar dulang adalah perayaan adat yang sudah turun temurun dan melekat pada masyarakat Muslim, yakni perayaan hari ketujuh setelah Idul fitri sehingga dikenal dengan perayaan tujuh Syawal.
Kedatangan Bupati SBB dan rombongan disambut meriah oleh Warga setempat dan taklupa juga disuguhkan aktraksi tari-tarian.

Reporter: Nicko Kastanja

Editor : Redaksi

Comment

Direkomendasi