by

Perjuangan Bebas Akses Komunikasi Tahun 2022, Pemda SBB Ajukan Pemasangan 22 Titik Tower BTS

PIRU,N25NEWS.com -Akses telekomunikasi dan Informasi di era globalisasi sangat urgen terutama di daerah – daerah terpencil seperti sejumlah lokasi di Kabupaten SBB, karena itu, Pemkab SBB melalui Dinas Komunikasi dan informasi SBB mengajukan pembangunan 22 titik tower Telkomsel di Kabupaten SBB kepada Kementrian Kominfo dan Informatika -RI

Kepala Bidang Penguatan Kapasitas Teknologi Komunikasi Informatika dan Persandian Dinas Kominfo SBB, Sahrir A Mahulette SE yang ditemui di Piru, Selasa, (25/2/2020) menyatakan, pembangunan tower BTS(Base Tranceiver Station) adalah bantuan Pemerintah Pusat kepada Daerah – Daerah di seluruh Indonesia, yang jaringan telekomunikasinya masih belum bisa terakses di seluruh wilayah.

Menurutnya, jika mengandalkan pihak swasta maka Pembanguan jaringan ini masih menunggu waktu yang lama, karena itu Pempus lewat kementrian Kominfo langsung turun membantu Masyarakat dalam penyediaan akses jaringan.

Untuk pengajuan 22 titik BTS di SBB ke Kementrian Kominfo dan informatika, Mahulette mengungkapkan, dari informasi yang diterimanya, pengajuan tersebut telah diterima staf ahli kementrian Kominfo

Selain itu, Bupati SBB, Drs Moh Yasin Payapo M Pd beserta staf Kominfo SBB juga akan berupaya melakukan pertemuan dengan Menteri Kominfo untuk membicarakan detail dan presentasi pengajuan permintaan tersebut.

Mahulette menargetkan, jika setiap tahun 22 Titik BTS disetujui maka ditahun 2022 seluruh kawasan di Kabupaten SBB bakal terakses jaringan telekomunikasi dan informasi.

Adapun syarat pembangunan tower BTS, menurut edaran Menteri Kominfo dan Informatika- RI ada empat syarat yakni, daerah perbatasan, pulau terluar, pegunungan dan daerah kepulauan, dari kempat kriteria tersebut Kabupaten SBB, memiliki dua kriteria yakni pegunungan dan daerah kepulauan.

Mahulette mengatakan, untuk pembangunan tower BTS ini untuk program Tahun 2020 belum ditentukan titiknya, sementara Tahun 2019, diprioritaskan di Kecamatan Taniwel Pegunungan yakni di Desa Niniari, Riring, Buria dan Lohia Sapalewa, Pulau Buano, di Dusun Pasir Panjang, Ananuni, Dusun Masika Jaya, Pulau Manipa serta di Kecamatan Elpaputih di Desa Sumeith Passinaro dan empat Desa lainnya..

Mahulette menandaskan, dalam waktu dekat juga Bupati SBB, Drs Moh Yassin Payapo juga akan meresmikan secara simbolis enam titik Tower BTS yang sudah terakses di Kecamatan Huamual belakang , Desa Tahalupu, Dusun Tihu

Dengan hadirnya jaringan tower BTS Telkomsel ini, maka Masyarakat bisa bertelepon, SMS bahkan bisa berinternet. ” Dengan pembangunan tower BTS ini maka Masyarakat di Gunung seng perlu turun ke pesisir lagi untuk bisa bertelepon, SMS atau pun mengakses data internet” ungkapnya.

Mahulette juga menyatakan, tujuan pembangunan Tower BTS Telkomsel ini sengaja ditempatkan dekat lokasi wisata adalah bertujuan agar, pengembangan spot wisata tersebut dapat tereksplore dengan cepat dan dapat menjadi pemasukan bagi PAD Pemda maupun bagi pemberdayaan Masyarakat setempat.

Reporter :Nicko Kastanja

Editor : Redsksi

Comment

Direkomendasi