by

Pengelolaan DD Di Desa Kamariang,Tuhehay : Masyarakat Butuh Adanya Transparasi

-Ragam-108 views

AMBON,N25NEWS.com-Masyarakat Desa Kamariang Kecamatan Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) mempertanyakan transparansi pemerintah desa dalam penggunaan dana desa (DD) tahun anggaran 2021 dan 2020 akhir.

Hal ini diungkapkan Melkisedek Tuhehay salah satu anggota DPRD Kabupaten SBB kepada N25NEWS.com,saat dihubungi via tlpn salularnya belum lama ini.

Tuhehay menilai,pengelolaan dana desa di desa Kamariang sama sekali tidak membawa dampak positif bagi kepentingan masyarakat.Pasalnya,sejumlah rencana pembangunan di desa pun tidak transparan,sehingga terkesan pemberdayaan desa terbengkalai,mengingkat sekarang telah jatuh pada bulan September 2021.

Lebih lanjut menurutnya,supaya masyarakat bisa mengetahui penggunaan DD,maka hendaknya pemerintah desa menggunakan dana desa secara transparan.Salah satunya,dengan memasang papan pengumuman (dena) dana desa.Dengan demikian warga bisa mengetahui.Selain itu,kata dia tentu harus ada musyawarah desa yang hasilnya ada kesempatan masyarakat dengan BPD untuk dipublikasi dalam bentuk dena dan akuntabilitas tersebut.

“Untuk itu sebagai warga Desa Kamariang dan anggota DPRD,tentu saya berkewajiban mempertanyakan sejauh mana tata kelola dana desa itu, “ujar Tuhehay yang juga adalah Sekretaris Fraksi PDI.Perjuangan ini.

Adapun,Tuhehay tegaskan ia akan terus mengawal sejauh mana proses pengelolaan DD di Desa Kamariang,sebab jika tidak ada fungsi kontrol di kuatirkan pada tinggat desa ada laporan-laporan fiktif,dimana terjadi spekulasi sehingga bukti dilapangan di sulap pada kepentingan kelompok tertentu.

Dikatakannya lagi,masyarakat Desa Kamariang hanya ingin kejelasan dan transparansi penggunaan dana desa.Namun,kata Tuhehay jika memang terbukti ada konspirasi dalam hal ini pelanggaran DD,maka sepantasnya penegak hukum bisa memprosesnya agar menjadi terang benderang.

“Saya berharap soal DD ini harus ada atensi bagi pemerintah desa,Bupati dan juga inspektorat,sehingga tentu kepentingan masyarakat Kamariang di utamakan dan yang pasti ada penjelasan yang riil sehingga ada transparansi yang terang benderang,”tandas Tuhehay.

Comment

Direkomendasi