by

Pemkab SBB Harus Ketat Awasi Keluar Masuk Penduduk Di Gemba, Kades Harus Di Evaluasi

-Ragam-442 views

PIRU,N25NEWS.com -Adanya kasus penularan Virus Corona, kepada dua warga yang berasal dari Desa Gemba ,Kecamatan Kairatu, Kabupaten sempat menjadi kabar yang mengkuatirkan dan mengganggu psikologis Masyarakat di Seram Bagian Barat.

Bahkan dari informasi yang dihimpun, ada warga yang diduga terjangkit Virus Corona dengan bebasnya melakukan perjalanan mengunjungi sejumlah wilayah Di SBB, meski akhirnya terkonfirmasi warga tersebut negatif, tetapi aktifitasnya telah membahayakan Masyarakat yang melakukan kontak dengannya.

Sementara pada satu kasus lainnya, warga yang positif terjangkit Virus Corona itu, akhirnya meninggal dunia di Kota Ambon.

Realita ini memantik keprihatinan dari salah satu tokoh muda SBB, Ferry Kasale S.Pd,Kasale yang ditemui di Piru, Rabu, (13/6/2020) menyatakan, Pemerintah Daerah SBB harus serius dalam penanganan lalu lintas Masyarakat yang keluar masuk ke Desa Gemba, pasalnya sebagai Desa Transmigran, Desa Gemba memiliki ikatan emosional dengan Masyarakat di Pulau Jawa.

“Kalau Pemda SBB benar- benar mau memutus mata rantai penyebaran, Virus Corona (Covid-19),maka Gemba harus menjadi Desa sanggahan, Pemda harus menghentikan lalu lintas pendatang dari Luar Jawa ataupun Masyarakat Gemba yang sedang berada di Jawa dan ingin kembali.”cetusnya.

Kasale mengharapkan, Pemda SBB juga harus tegas terhadap Pemerintah Desa Gemba, agar dapat benar- benar melakukan pengawasan yang ketat terhadap warganya yang melakukan perjalanan, sehingga ada transparansi dan kejujuran dari Warga sekira ada keluarga atapun kenalannya yang baru datang dari daerah yang terpapar Virus Corona.
Karena itu, Sekretaris DPC PDIP SBB ini, meminta Pemda SBB harus segera melakukan pemanggilan terhadap kepala Desa Gemba, untuk melakukan pengkajian sejauh mana langkah yang telah diambil dalam mengatasi lalu lintas Warga keluar masuk daerah tersebut, juga untuk mengetahui sejauh mana Pemdes dapat mendeteksi adanya warga baru di wilayahnyadan sejauh mana keluarga- Keluarga di Desa tersebut jujur mengakui bahwa ada anggota keluarganya yang baru saja melakukan perjalanan dari Daerah endemik Virus Corona.

Kasale juga menyatakan, untuk Desa-Desa yang lain di Kabupaten SBB diharapkan melakukan pengawasan yang ketat terhadap warga atau Masyakat yang baru datang dari Daerah Endemik,
Ia berharap, wilayah pintu masuk SBB, dilkukan penjaringan yang ketat terhadap warga yang ingin masuk ke SBB lewat mekanisme protokoler Covid-19, sehingga daerah ini terbebas dari penularan Virus Corona.

Reporter :Nicko Kastanja

Editor : Redaksi

Comment

Direkomendasi