by

Peletakan Batu Pertama Mesjid Agung Nurul Yasin, Gubernur Maluku Nyatakan Pembagunan Mesjid Adalah Pusat Pembagunan Umat Dan Peradaban

Piru,N25NEWS.com – Gubernur Maluku, Irjen Pol Murad Ismail didapuk oleh Pemda SBB untuk melakukan meletakkan Batu Pertama Pembagunan Mesjid Agung Nurul Yasin, yang berlokasi di dusun Waimeteng Pante Kota Piru, pada Jumat, ( 9/4/2021).

Sebelumnya, Gubernur bersama rombongan tiba di pelabuhan Hatu, kota Piru pada pukul 12.30 WIT, kedatangan orang nomor satu di Maluku ini, disambut dengan tarian sawat para pemudi dari Hualoy.

Selanjutnya, setelah melakukan pertemuan dengan Bupati SBB bersama para pimpinan OPD di Pemda SBB, yang dikantor Pemda SBB, Desa Morekau, Kota Piru, Gubernur beserta rombongan kemudian menunaikan Ibadah Sholat Jumat bersama di Mesjid Jami_Al -Muhajirin, Kota Piru Kabupaten SBB, Waimeteng Pantai.

Pukul 14.30 WIT, Gubernur beserta rombongan tiba di lokasi dan acara peletakkan batu pertama pembangunan Mesjid Agung Nurul Yasin, sehingga acara tersebut dapat dimulai.

Dalam laporannya, Ketua Yayasan Nurul Yasin, Mansur Tuharea SH melaporkan, dasar pemikiran pembagunan Mesjid Agung Nurul Yasin di kota Piru adalah semakin terbatasnya daya tampung Mesjid Jami_Al -Muhajirin, karena semakin pesat pertumbuhan penduduk Muslim di Kabupaten SBB dan kota Piru dan sekitarnya.

Sementara Gubernur Maluku, Irjen Pol Murad Ismail mengharapkan, penuntasan pembangunan Mesjid Agung Nurul Yasin di kota Piru ini, dapat terealisasi, karena itu, Mantan Kakor Brimob ini meminta Panitia Pembagunan untuk bekerja keras dan mengoptimalkan sumber Pembagunan.dari sumber- sumber yang sah dan tidak mengikat.

Murad juga meminta stake holder dan Masyarakat SBB, untuk saling bergotong royong menyelesaikan pembagunan mesjid tersebut, pasalnya Rumah ibadah itu nantinya akan dijadikan pusat pembangunan umat , peradaban dan pembagunan Masyarakat di kabupaten SBB, dalam rangka mewujudkan Provinsi Maluku menjadi Maluku yang terkelola secara jujur bersih, melayani dan terjamin dalam kesejahteraan serta berdaulat.

Memasuki bulan Ramadan, bulan suci , penuh berkah dan ampunan, Gubernur Maluku meminta Masyarakat untuk menjadikan bulan ini untuk membagun kebersamaan sesama orang Basudara, sehingga dapat tercipta suatu kehidupan yang penuh dengan cinta kasih dan perdamaian.

Sementara Bupati SBB, Drs Moh Yasin Payapo M Pd mengungkapkan, atas kesepakatan bersama antara Pemda dan FKUB, maka program pembagunan Mesjid Agung Nurul Yasin didahulukan karena lahan yang akan dipakai untuk pembagunan Dua Gereja yakni Gereja Protestan dan Gereja Katholik Kabupaten SBB, itu masih dalam penyelesaian.

Menurut Payapo, program Pemda SBB dalam membagun tiga rumah ibadah adalah upaya untuk meningkatkan sekaligus mengawal toleransi umat beragama baik inter maupun antar umat beragama dan hubungan antar umat beragama dengan Pemerintah Kabupaten SBB..

Turut hadir dalam acara peletakkan batu pertama mesjid Agung Nurul Yasin itu, para Pimpinan Forkopimda, unsur Pimpinan DPRD SBB dan Anggota,Para Pimpinan FKUB, Ketua MUI SBB,Ketua Klasis GPM Piru, Ketua Klasis GPM Kairatu, Ketua Keuskupan Santa Maria Piru, Para pimpinan Partai Politik, Pimpinan KPUD SBB, Pimpinan Bawaslu, para pimpinan OPD, Para Pimpinan OKP.SBB, dan Umat Muslim di.SBB..

Repoter : Nicko Kastanja

Editor : Redaksi

Comment

Direkomendasi