by

Optimalkan PAD, Sekda SBB Harap OPD Penghasil Dapat Menggali Sumber Pendapatan Baru

Piru,N25NEWS.com – Dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah(PAD) dari pemasukan pajak dan retribusi dan lainnya, maka Pemda SBB mengelar Rapat koordinasi yang dihadiri oleh OPD – OPD penghasil PAD, seperti Dinas Pekerjaan Umum, Perdagangan dan Industri,.Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pariwisata, Dinas Perhubungan, Dinas Pertanian, Dinas Perumahan, dalam rapat tersebut juga dikaji produk hukum terkait penarikan retribusi dan pajak, karena itu hadir juga kepala bagian Hukum Pemda SBB.

Dalam pertemuan yang bertajuk Strategi Peningkatan Pendapatan Daerah , Kabupaten SBB, Tahun 2021 itu, dipimpin oleh Sekretaris Daerah SBB, Mansur Tuharea SH, didampingi Kepala Badan Pendapatan Daerah SBB, Drs Paulus Ch Pical M.Si , pertemuan berlangsung di ruang rapat Pemda SBB, Lantai II, Selasa,(23/2/2021).

Dalam pertemuan itu, masing – masing Dinas dievaluasi target penerimaan pendapatannya di tahun 2021, selain itu juga dapat bahas masukan terkait eksplorasi sumber- sumber pendapatan baru dan produk hukum baik itu berupa Perda atau Perbub yang menjadi payung hukum dari penarikan pajak maupun retribusi itu.

Sekda SBB, Mansur Tuharea SH, yang ditemui usai kegiatan menyatakan bahwa, rapat ini bertujuan untuk mengevaluasi Sumber- sumber pendapatan daerah dan sumber pendapatan lainnya sehingga bisa didongkrak.

Selain itu juga, dalam pertemuan itu dievaluasi kinerja sumber daya penagih pajak itu, karena kalau didapati petugas penagih kurang jujur, maka akan diambil langkah tegas, sehingga Dinas- Dinas penghasil PAD tersebut dapat bekerja dengan maksimal.

Tuharea mengakui, ditahun ini pada masa Pandemi Covid-19 ini adalah tahun yang sulit untuk melakukan pembangunan daerah, karena itu ada banyak terobosan yang dicoba seperti membangun kerjasama, serta mencari sumber- sumber pendapatan lainnya.
“Seperti ijin penempatan alat berat dan IMB belum juga ditagih secara maksimal, selain itu juga ijin pajak rumah makan dan restoran juga belum dapat dikelola secara baik, padahal untuk ijin- ijin tersebut sudah ada payung hukumnya,”jelas Tuharea.

Karena itu, Sekda SBB menghimbau masyarakat untuk berpartisipasi dan taat membayar pajak dan retribusi karena lewat pajak.dan retribusi tersebut maka secara tidak langsung Kita sudah membantu pembangunan di SBB.

Reporter : Nicko Kastanja

Editor : Redaksi

Comment

Direkomendasi