by

Negeri Tihulale Programkan Pembangunan Ruas Jalan Tani , Gedung Muhabet Dan Pagar PAUD Dari Kucuran DD&ADD 2019

-Ragam-219 views

PIRU,N25NEWS.com -Di tahun 2019, dengan menggunakan kucuran Dana Desa(DD) dan Alokasi Dana Desa(ADD) Negeri Tihulale melakukan pembangunan empat program fisik yakni, Pembukaan dua ruas Jalan Tani, Pembangunan Gedung Muhabeth dan Pembangunan Pagar Paud Pelangi Asih.

Pejabat Kepala Desa Tihulale, Demmy Salawane yang ditemui di Piru, pada Rabu, (27/5/2020)menjelaskan bahwa, Pembukaan dua ruas Jalan Tani tersebut adalah: Jalan dari tepi jalan Trans Seram menuju kearah Pantai, tepatnya ke lokasi Tanjung Laihena yang jaraknya sepanjang 1300 M.

Menurut Salawaney, Lokasi Tanjung Laihena sedianya akan dibangun lokasi wisata pada Tahun 2020, hanya saja karena adanya Pandemi Covid-19 ini, maka perencanaan tersebut belum dapat terrealisasi.

Dari informasi yang dihimpun media ini, Lokasi Tanjung Lahena sangat cocok bagi pengembangan Pariwisata Pantai, pasalnya di Tahun 2017 dan 2019 pernah dilakukan kegiatan even kerohanian Bakudapa Anak Sinode GPM Jemaat Tihulale.

Salah satu ruas jalan lainnya adalah, Jalan Tani menuju ke Haruaman ke arah Gunung, panjang ruas jalan ini mencapai 1500 M, tujuan pembukaan ruas jalan ini adalah untuk pemberdayaan ekonomi Masyarakat Petani di Negeri Tihulale.

” Tujuan pembukaan jalan ini adalah, agar Masyarakat Petani Desa Tihulale bisa lebih mudah menjangkau daerah yang menjadi lahan Pertanian Mereka di Hutan, sehingga Mereka bisa lebih rajin lagi untuk mengembangkan tanaman- tanaman hasil kebun seperti Cengkeh, Pala, Kelapa, Pisang dan Ubi Jalar ataupun hasil kebun yang lain”kata Salawaney.

Salawaney juga menambahkan, dengan adanya jalan tani tersebut juga mempermudah Masyarakat mengangkut hasil- hasil kebun dan Pertanian untuk dipasarkan ke Kairatu maupun ke Kota Ambon.

Reporter :Nicko Kastanja

Editor : Redaksi

Comment

Direkomendasi