by

Minta Pemkab SBB Responi Permintaan Masyarakat Samasuru, Andarias Kolly Nyatakan Sesuai SK Permendagri No 29 Tahun 2010 Samasuru Masuk Wilayah SBB

-Ragam-878 views

PIRU,N25NEWS.com -Anggota DPRD SBB, Andarias Kolly meminta Pemda SBB tanggap terhadap permintaan Masyarakat Samasuru yang ingin bergabung dengan SBB untuk menaikkan status Samasuru dari Anak Dusun menjadi Desa atau Negeri .
Kolly yang ditemui di Kantor DPRD SBB, Gunung Malintang,Kota Piru,pada Sabtu, (15/8/2020) menyatakan, keinginan masyarakat Samasuru untuk untuk menaikan status wilayahnya untuk menjadi Desa / Negeri harus diapresiasi, untuk itu mekanisme yang harus ditempuh adalah pemekaran wilayah bukan pengembalian status dimana syaratnya adalah jumlah penduduk, luas wilayah dan persetujuan dari Desa Induk, “Mereka ini harus dihargai, makanya peningkatan status menjadi Desa atau Negeri harus dilakukan, supaya Mereka merasa nyaman berada di SBB ” tandasnya.

Disingung mengenai adanya klaim bahwa Negeri Samasuru berada pada wilayah Kabupaten Maluku Tengah, Kolly menyatakan, Keputusan tersebut adalah pada keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) No 123 Tahun 2009, yang kemudian merekomendasikan kepada Kementrian Dalam Negeri – RI sebagai instansi teknis untuk menentukan batas wilayah.

Menurut Kolly, dari hasil tinjauan Kementrian Dalam Negeri ke lokasi tapal batas, maka ditetapkan tapal batas Kabupaten SBB dan Maluku Tengah adalah pada Kali Mala, yang kemudian keputusan tersebut ditetapkan dalam Permendagri No. 29 Tahun 2010.

Menurutnya, paska dikeluarkannya keputusan tersebut, pihak-pihak yang tidak puas kembali menggugat ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) hingga sampai ke Mahkamah Agung (MA),tetapi Mahkamah Agung tetap pada putusan MK yakni mengembalikan keputusannya kepada instansi teknis, dalam hal ini Kementrian Dalam Negeri untuk memberikan data dan batas- batasnya.

” Semua ini sudah ditentukan sesuai mekanisme hukum, jadi sudah tidak adalagi peluang untuk menggugat, penggugat hanya bisa melakukan gugatan jika ada bukti baru (novum), baru bisa diajukan ke Mahkamah Agung, tapi yang Beta lihat bukti yang ada adalah bukti- bukti yang sudah pernah diajukan dan sudah diperiksa di Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi” jabar Kolly.

Menurut Kolly, dari informasi yang diterima dari Masyarakat Samasuru yang memilih bergabung dengan SBB, di Elpaputih ada empat Negeri , yakni Samasuru, Mane,Epalohi dan Masalapune namun hingga saat ini status ke empat Negeri itu masih Anak Dusun dibawah Elpaputih.

Sementara terkait laporan Masyarakat Samasuru dalam.RDP dengan Komisi I DPRD SBB, soal situasi Kamtibmas di wilayahnya, dimana setiap malam atap rumah Mereka dilempari oleh Orang Tak Dikenal( OTK),Ketua Komisi I DPRD SBB Jamadi Darman menyatakan, pihaknya telah menjadwalkan untuk melakukan pertemuan dengan Polres SBB pekan depan untuk membahas masalah tersebut.

Reporter :Nicko Kastanja

Editor : Redaksi

Comment

Direkomendasi