by

Medominasi, Tihulale Raih Kampiun & Juara III Lomba Dayung HUT Kabupaten SBB Ke-16

-Olahraga-988 views

PIRU,N25NEWS.com -Tampil trenginas di ajang Lomba Dayung HUT Kabupaten SBB yang ke -16 Tim Dayung dari Negeri Tihulale berhasil Lomba Dayung yang diselenggarakan di seputaran pantai Piru tersebut pada pada Sabtu Siang,(11/1/2020).

Lomba dayung yang dikoordinir oleh Dinas Perikanan SBB itu, memulai start di Pelabuhan Hatu dan berikahir di Pelabuhan Pasar Ikan Piru, sebelum melaju ke partai final, para peserta Tim Dayung yang berasal dari Negeri-Negeri di Kabupaten SBB itu, harus lebih dulu melakoni babak penyisihan yang dimana setiap seri penyisihan diikuti oleh 10 perahu.

Pada seri penyisihan pertama Negeri Kaibobu tampil sebagai pemenang, diikuti oleh Taniwel di posisi 2 dan Tihulale B di posisi 3, semntara pada seri penyisahan kedua menjadi dominasi Negeri Waisamu, menyusul Neniari menguntit diurutan ke-2 dan Negeri Hatusua harus puas di urutan ke-3.

Di seri terakhir Tim Dayung Negeri Rumahkai sebagai mantan juara Lomba Dayung Tahun sebelumnya tampil sebagai juara, diikuti oleh Tihulale B dan Hulung.
Pada seri final, para pemenang peringkat 1,2 dan 3 setiap seri penyisihan kembali di akan bertarung untuk merebut prestise sebagai yang terbaik dalam lomba Dayung memperingati HUT Kabupaten SBB tersebut.

Kesembilan Tim terbaik dari 3 seri penyisihan itu, kemudian ditambah dengan Tim Dayung Piru yang berhasil lolos dengan catatan waktu terbaik ke empat dengan catatan waktu 9 menit 15 detik 22 sekon.

Nuansa rivalitas mulai terlihat saat Bupati SBB, Drs Yassin Payapo menjagokan Tim Dayung Negeri Rumakay, yang menggunakan kaos biru celana merah, Sementara Ketua DPRD SBB, Rashid Lisaholith lebih menjagokan Tim Dayung Negeri Waisamu, Kadis Kesehatan, Dr Anis Tappang memilih menjagokan dua wakil Piru, yakni Negeri Niniari dan Piru.
Saat pengundian untuk partai Final, Negeri Neniari di lintasan(1), Tihulale B(2), Tihulale.A(3),Hatusua(4),Hulung(5),Taniwel(6), Kaibobu(7),Waisamu(8),Rumakai (9),Piru(10).

Jalannya Pertandingan, Saat Bupati SBB,Drs Yasin Payapo mengibarkan bendera start di Pelabuhan Hati, Tim Dayung Piru yang mendapat dukungan penuh dari penonton langsung melejit di depan disusul Waisamu di lintasan 8 dan Rumahkai di lintasan 9.

Tim Dayung yang berkaos hitam dan celana Hitam itu sempat memimpin lomba, hingga waktu bergeser ke Menit ke 2, saat tim Dayung Rumakai mulai menyodok dari posisi 3 dan mulai memimpin lomba,
Di menit ke 5.09, Meski tim dayung Rumakai tetap memimpin lomba,tetapi posisi Mereka mendapat ancaman serius dari duo Tihulale yang berada pada llintasan 2 dan 3.

Bahkan pada menit 6.55 Tim Dayung Tihulale A di lintasan ke tiga mengokupasi Rumakai dari Pimpinan Lomba, bahkan di menit 7.22 Tim dayung Tim Dayung Tihulale sempat memimpin lomba setelah menyodok di depan.

Di menit-menit terakhir menjelang garis finis Tim Rumakai membalap dan melewati Tihulale B dan meraih juara ke 2.
Adapun hasil lomba dayung HUT Kabupaten SBB ke-16 adalah Juara 1 Tim Tihulale A, Juara 2 Tim Rumakai dan Juara 3 Tim Tihulale B.

Reporter :Nicko Kastanja

Editor : Redaksi

Comment

Direkomendasi