by

Lewat Lomba Dayung, Diharapkan Potensi Anak Negeri Dapat Tereksplore Ke Tingkat Nasional

-Olahraga, Ragam-401 views

PIRU,N25NEWS.com -Ketua Panitia Lomba Dayung HUT Kabupaten SBB Ke-16, Allan Paliama berharap dengan digelarnya lomba dayung antar Desa di Kabupaten SBB, maka potensi olahraga dayung Anak- Anak Negeri dapat tereksplor hingga ke tingkat Nasional, seperti pencapaian yang diraih atlet Dayung Nasional Asal SBB, La Memo.

Paliama yang ditemui di Kantornya, pada Jumat, (10/1/2020) mengharapkan, pelaksanaan lomba dayung yang dilaksanakan menyongsong HUT SBB ini, dapat menjadi agenda kontinyu selain itu, ada peningkatan dalam penyelenggaraan lomba sehingga dapat benar-benar efektif dalam menjaring Atlet berbakat asal Kabupaten ini.

“Jadi Saya harapkan,kegiatan ini bukan sekadar even penggembira semata, tetapi benar-benar dapat menjaring potensi atlet daerah, khususnya di cabang olahraga dayung, yang nantinya para bibit unggul tersebut akan dikelola oleh KONI Daerah untuk pengembangan potensi Mereka,”cetusnya.

Menurut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan SBB ini,potensi olahraga Kabupaten Saka Mese Nusa banyak yang belum terjaring, misalnya pada perhelatan lomba lari 10 K yang menempuh rute pegunungan Atlet Pelatda dikalahkan oleh atlet kampung.”Itu satu pertanda bahwa ada banyak potensi yang kita miliki yang belum digarap,”cetusnya.

Ditambahkan Paliama terkait gelaran lomba Dayung ini, ada harapan dari Bupati SBB,Drs Yasin Payapo M Pd agar setiap Desa di SBB menganggarkan untuk pembuatan perahu belang lewat ADD agar potensi pemuda dapat dapat dikembangkan untuk olahraga dayung ini, “karena target Kita adalah ada juga peserta dari SBB yang dapat kompetisi di ajang tingkat Provinsi yakni dalam Perlombaan Perahu belang di Pesta Teluk “.

Paliama berharap juga, lomba dayung ini kedepan bisa menjadi even lomba yang permanen sehingga dapat mempertandingkan berbagai kategori lomba, dengan jangka waktu persiapan yang lebih panjang, sehingga para peserta dapat mempersiapkan diri lebih lama.
Lomba dayung dalam rangka memperingati HUT Kabupaten SBB Ke -16 ini akhirnya terlaksana pada Sabtu,(11/1/2020) dengan menempuh rute sejauh 1 Mil dengan memulai start di Pelabuhan Hatu hingga finish di Pelabuhan Perikanan Piru.

Tampil sebagai juara adalah: Juara I :Tim Dayung Tihulale A, Juara II: Rumakay dan Juara III juga dimenangkan oleh Tim Tihulale B.

Reporter :Nicko Kastanja

Editor : Redaksi

Comment

Direkomendasi