by

Layani Pengungsi , Bupati SBB & Rombongan Menunggu Bantuan Posko Hingga Malam

URSANA,N25NEWS.com – Sikap responsif ditunjukkan Pemkab SBB saat menyambangi pengungsi dampak Gempa bermagnitudo 6,8 SR yang mengungsi dari Desa Kairatu ke Dusun Urasana Di Kilo7,Pada Selasa, (8/10/2019), setelah berkomunikasi dengan sejumlah pengungsi di lokasi tersebut, Bupati SBB, Drs M Yasin Payapo M. Pd mengintruksikan agar kebutuhan para pengungsi di lokasi tersebut langsung dipenuhi.

Tidak hanya itu, Bupati juga mengintruksikan rombongannya yang terdiri dari Sekretaris Daerah, Ha Mansur Tuharea SH dan Para pimpinanan Organisasi Perangkat Daerah ( OPD)diantaranya Kadis Kesehatan SBB, dr Yohanis Tappang M.Kes, Kadis Pendidikan SBB, Sam Sangadji, Kadis Perhubungan, Peking Caling,Kadis Infokom, Abdul Rahman Thagoes, Kepala BPKAD, Poly Pical, Kepala Balitbang Gaspar Pesireron serta Pejabat Desa Kairatu, Jondry Kapitan dan Kepala Puskemas Kairatu. Untuk menanti bantuan yang akan didatangkan dari Posko Lapangan agar segera diserahkan.

Dalam pernyataannya, Bupati SBB, Drs Yasin Payapo M. Pd mengungkapkan Dirinya ingin memastikan bahwa para pengungsi sudah harus dilayani secara baik.”Kita inikan Pelayan, karena itu Kita harus layani sebaik-baik mungkin”imbuhnya

Menurut Bupati, tujuan dirinya bersama rombongan dalam kunjungan dihari itu adalah untuk memastikan dan melihat apakah posko kesehatan berjalan dengan baik, apakah kebutuhan obat-obatan terjamin dan tercukupi.

Selain itu bagi para pengungsi yang berada di Desa Urasana, Bupati juga ingin memastikan bahwa Mereka dilayani oleh pelayanan kesehatan yang baik dan bantuan yang disalurkan oleh Pemkab disalurkan secara benar.
Sementara terkait bantuan yang langsung diberikan setelah mendengar keluhan para pengungsi, Bupati SBB mengatakan hingga malam ini pihaknya harus memastikan dan menyerahkan bantuan secara langsung.
“Oleh sebab itu sampai malam ini, Kita harus memastikan, Kita harus serahkan itu.tadi Saya bilang Kita jangan pulang semua, tetapi Kita Pastikan bahwa Kita yang akan serahkan langsung kepada para Pengungsi”tandasnya.
Dalam kesempatan berbeda Sekda SBB, Moh Mansur Tuharea, SH menyatakan,bahwa keberadaan Bupati SBB bersama rombongan di Malam hari di Dusun Urasana menjadi bukti bahwa Pemda siaga dalam melayani Masyarakat,

“Sebenarnya malam begini sudah tidak bisa dilayani lagi, tetapi yang namanya tanggap Darurat kapan saja, walaupun tengah malam harus tetap dilayani, kerena perintah Pak Bupati Kita tidak boleh jenuh dan bosan dalam melayani Masyarakat”cetusnya.

Menurut Tuharea, pujian yang disampaikan Anggota DPRD Provinsi Maluku terhadap kinerja Pemkab SBB dalam menangani pengungsi merupakan apresiasi terhadap Pemkab SBB yang harus di jawab lewat kenerja yang semakin baik.

Sementara seorang Pengungsi Kairatu, Ibu Kasatimbangi megungkapkan rasa terimakasih atas respon cepat Bupati SBB yang langsung menelepon Pokso Lapangan Penanggulangan Bencana untuk memenuhi kebutuhan para Pengungsi.”sampai Malam begini, Pak Bupati, Pak Sekda, bersama rombongan OPD belum kembali ke rumahnya di Piru hanya untuk melihat Kita yang berada di Pengungsian, Terima Pak.”ungkapnya.

Bantuan yang langsung diterima para pengungsi di saat itu adalah Terpal untuk tenda, Selimut dan Beras.
Dari informasi yang dihimpun Bupati SBB juga telah mengintruksikan Posko Lapangan Penangulangan Bencana untuk memenuhinya kebutuhan Para Pengungsi yang berada di jalur Jalan dari Kilo 3 hingga ke Kilo 12.

Reporter :Nicko Kastanja

Editor : Redaksi

Comment

Direkomendasi