by

Kubur Keramat Du Guntang Di Tanah Goyang, Dibersihkan IPPMAT Menjelang Idulfitri

-Ragam-270 views

TANAHGAYANG,N25 NEWS COM. -Menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijria, tepatnya 20 hari setelah umat Muslim melakukan ibadah Puasa Ramadhan, Ikatan Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Dusun Tanah Goyang, (IPPMAT) melakukan kegiatan pembersihan kubur keramat Du Guntang, yang berlokasi di dusun Tanah Goyang, Desa Lokki, Kecamatan Huamual, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) pada Rabu, 13 Mei 2020.

Puluhan Pemuda yang tergabung dalam IPPMAT itu, dipimpin langsung oleh Ketua PJS Andy Papalia, sebelumnya Mereka melakukan perjalanan dengan berjalan kaki dari kampung (Dusun Tanah Goyang ).menuju ke hutan keramat selama kurang lebih 30 menit.

Papalia dalam penjelasannya menyatakan, pembersihan makam keramat Du Guntang merupakan salah satu agenda bhakti pembersihan dari Ikatan Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Tanah Goyang, selain itu, IPPMAT juga melakukan pembersihan di Masjid dan Balai Dusun Tanah Goyang.

Pemuda jebolan IAIN Ambon ini menandaskan, Pembersihan makam keramat merupakan aganda yang telah dilakukan sejak lama, sebagai Bhakti kepada leluhur Masyarakat Tanah Goyang memasuki hari- hari besar keagamaan, ” kebiasaan atau tradisi ini sudah ada sejak para Leluhur Kami, karena itu Kami sebagai Generasi Penerus harus mewarisinya” ungkapnya.

Ditanya mengenai berapa lama keberadaan makam keramat tersebut, meski Papalia tidak mengetahui secara pasti kapan Makam tersebut ada, tetapi Menurutnya makam tersebut telah berusia ratusan tahun sejak leluhur Masyarakat Tanah Goyang menetap di daerah tersebut” urai Papalia menjelaskan keberadaan Makam keramat yang tersusun dari tumpukan batu tersebut.

Reporter :Nicko Kastanja

Editor : Redaksi

Comment

Direkomendasi