by

Kepemimpinan Pengcab IPSI SBB Vakum, Stakeholder Siap Gelar Muslub Pembentukan Pengurus Baru

-Olahraga-240 views

WAIHATU,N25NEWS.com – Akibat ketidakaktifan Kepengurusan Cabang Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI ) SBB pada masa kepengurusan Periode 2017-2020, maka sejumlah pengurus Pengcab IPSI SBB berencana untuk membentuk kepengurusan baru, lewat Musyawarah Luar Biasa (Muslub) di Tahun 2020 ini.

Ketua Harian Pengcab IPSI SBB, Amak Suyuti yang ditemui di kediamannya, di Desa Waihatu, Kecamatan Kairatu Barat, pada Minggu , (22/3/2020) mengungkapkan, Ketua Umum Pengcab IPSI SBB, Pak Taberima yang sudah pensiun, saat dihubungi menyatakan sudah tidak mau aktif lagi, karena itu para pengurus sudah bersepakat, sejak tahun 2019, untuk membentuk kepengurusan baru.

Menurut Suyuti, di bulan September 2019 Pengurus Provinsi (Pengprov) Ikatan Pencak Silat Indonesia,(IPSI) Maluku telah melakukan pergantian kepengurusan tetapi baru dibawah kepemimpinan Jalaludin Salampessy, tetapi pelantikannya pada bulan Februari 2020.

Dimana salah satu himbauan dari Pengprov IPSI Maluku yang baru terbentuk itu adalah, seluruh Pengcab IPSI di Kabupaten / Kota di Maluku untuk membentuk kepengurusan baru.

“Karena itu, kemarin katong rapat malam di sini, dengan tujuh perguruan Pencak Silat dan sepakat untuk membuat Muslub,”imbuh Suyuti.

Dijelaskan, Musyawarah Luar Biasa akan dilakukan secepatnya menunggu fasilitas dari Pengprov IPSI Maluku, selanjutnya akan diundang dalam acara tersebut adalah Pengurus Pengcab IPSI Maluku dan Pengurus KONI SBB dan direncanakan Muslub tersebut akan digelar di Desa Waihatu.

Dari Informasi yang diterima, pemilihan Desa Waihatu sebagai tuan rumah Muslub Pengcab IPSI SBB, adalah karena di Desa tersebut intens dalam pengembangan Cabang Olahraga Pencak Silat, yakni ada dua Perguruan Silat besar di situ Perguruan Silat Hati Teratai (PSHT) dan Perguruan Silat Cempaka Putih (PSCP).

Di selenggarakan Muslub secepatnya kata Suyuti, adalah supaya menghidupkan kembali cabor Pencak Silat di SBB menjelang event POPMAL.

Karena itu Ia menargetkan, setelah komposisi kepengurusan IPSI SBB terbentuk, IPSI SBB akan menggelar event Kejuaraan Pencak Silat dalam rangka menjaring bibit-bibit muda dan atlet potensial yang dapat diterjunkan pada event POPMAL ataupun lainnya.

Menurut Pria yang aktif di bidang olahraga ini, ketika Pengcab IPSI SBB yang lama maupun KONI SBB tidak terlalu aktif, maka masing- masing Cabor harus bergerak secara sendiri- sendiri untuk menghidupkan dirinya sendiri.

Suyuti menambahkan, dari hasil rapat pertemuan kemarin, ada beberapa poin yang telah disepakati diantaranya, verifikasi keanggotaan Pengcab IPSI SBB, segera dilaksanakan Muslub dan secara aklamasi memilih satu figur sebagai Ketua Umum Pengcab IPSI SBB.

Reporter :Nicko Kastanja

Editor : Redaksi

Comment

Direkomendasi