by

Kapolda Maluku Terkesan Dengan Desa Tangguh Waimital, Harap Semua Desa SBB Contohi Waimital

-Ragam-184 views

Piru,N25NEWS.com -Kapolda Maluku, Irjen Refdi Adri menyatakan terkesan dengan Desa Waimital, Kecamatan Kairatu yang telah membuktikan diri sebagai Kampung Tangguh saat menghadapi Pademi Covid – 19, pasalnya Desa Waimital yang adalah Desa transmigran yang bisa mengatasi masalah ketahanan pangan lewat produksi padi, kini juga menghasilkan produk pangan dari hewani yakni lewat Budidaya ikan air tawar.

Kunjungan Kapolda Maluku ke Kabupaten SBB pada Selasa,(12/1/2021)adalah dalam rangka melakukan dua kegiatan yakni panen perdana Ikan air tawar di Desa Waimital (Kairatu ) dan meninjau lahan Milik Polda Maluku di Desa Kawa, Kecamatan Seram Barat,Kabupaten SBB.
Setelah melakukan panen perdana ikan air di Desa Waimital,Kapolda bersama rombongan langsung menuju Ibukota Kabupaten SBB, Piru, selanjutnya melakukan pertemuan dengan pihak Polres SBB yang berlangsung di Aula Mapolres SBB.

Dalam pertemuan internal tersebut, ada sejumlah materi yang dibahas,terutama mengenai Ideologi Politik, Sosial Budaya dan Pertahan Keamanan (Ipoleksosbud dan hankam) di Kabupaten SBB.

Selanjutnya, Irjen Refdi melakukan pertemuan bersama Pemda SBB yang digelar di ruang pertemuan utama Kantor Bupati SBB, Morekau, Kecamatan Seram Barat.

Pertemuan itu dihadiri oleh, Pemda SBB, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah , Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama dan Organisasi Kepemudaan di Kabupaten SBB.

Dalam sambutannya, orang nomor satu di Polda Maluku ini menyatakan, terkesan dengan kinerja dan ketahanan ekonomi Desa Waimital, yang didukung oleh soliditas Perangkat Desa dan Masyarakat.

“Luar biasa .! Kita lihat disana, bagaimana kepala Desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta perangkat Desa bersama Sekretaris Desa, pelaksana kegiatan dan pelaksana teknis semuanya bahu – membahu menggerak wilayah menjadi kampung tangguh,” ujar Refdi.

Menurutnya, kampung tangguh adalah program pemerintah Republik Indonesia dalam mengantisipasi krisis dimasa Pandemi.Covid – 19 , Tetapi Pemdes Waimital.telah menggarap program ini sejak penghujung tahun 2019 dan 2020, sehingga pada saat kemarin dilakuan panen ikan air tawar dimana ada nila dan jenis ikan lainnya.

Kapolda juga berharap, Kampung Tangguh ini bisa tangguh dalam segala bidang, seperti tangguh pendidikan, tangguh keamanan , tangguh kesehatan dan juga tangguh ketahanan pangan, karena itu Ia berharap, seluruh Desa di Kabupaten SBB bisa mencontoh Waimital sebagai Desa Tangguh.

Irjen Refdi mengungkapkan Desa – Desa di SBB berpotensi sebagai kampung tangguh, pasalnya Kabupaten SBB yang memiliki sumber kekayaan Alam yang potensial baik di darat, di perut bumi dan di laut untuk itu SDA itu harus dapat dikelola bersama bagi kepentingan dan kemakmuran Rakyat di Kabupaten berjuluk Saka Mese Nusa itu.

“Tadi saya katakan, betapa hebat kekayaan didaratnya, dimana tidak ada yang tidak hijau, saat Kita tegok kekanan ada tanaman padi , tengok kekanan ada jeruk, berikutnya ada sirsak, disana ada tanaman Sayuran dan tegok ke atas ada kelapa, begitu juga yang di perut bumi kekayaan alamnya luar biasa apalagi di laut, bagaimana kita mengelolanya ,dengan tepat sehingga apa yang telah diwariskan oleh pendahulu- pendahulu kita dapat bermanfaat bagi Generasi akan datang,”urainya.

Kapolda yang baru menjabat sejak 23 November 2020 ini menyatakan, saat ini pada masa Pandemi Covid-19, Pemerintah RI sedang fokus pada peningkatan ekonomi dan pembenahan Kesehatan di Indonesia dalam mencegah penularan virus Covid-19, dimana Presiden RI, Jokowidodo telah memberikan stimulus subsidi untuk bencana non Alam dalam dua tahap,di tahun 2020 di alokasikan anggaran sebesar Rp 674 Triliun, sementara di tahun 2021 sebesar Rp 419 Triliun, bantuan tersebut menyentuh semua provinsi dan kabupaten Kota di Indonesia termasuk di Kabupaten Seram Bagian Barat.

Dalam acara yang bertajuk Tatap Muka Kapolda Maluku Bersama Forkopimda, Toga, Tomas dan OKP di Seram Bagian Barat itu , hadir Sekretaris Daerah SBB, Mansur Tuharea SH, Kepala Kejaksaan Negeri Dataran Honipopu, Sugih Carvallo SH MH,Kapolres SBB AKBP Bayu Tarida Butar-Butar,Ketua DPRD SBB Abdurashid Lisaholith,Pabung Kodim Masohi, Mayor Inf Mado, Mantan Bupati SBB, Drs Jacobus Frederik Puttileihalat, para pimpinan OPD, tokoh adat dan Tokoh Agama serta para Pejabat Kepala Desa di Kabupaten SBB.
Penulis : Nicko Kastanja
Editor : Redaksi

Comment

Direkomendasi