by

Jabat Wakil Ketua PN Dataran Hunipopu, Arif Kusumo Diharapkan Tingkatkan Kinerja PN Melayani Pencari Keadilan

-Ragam-171 views

Piru,N25NEWS.com – Sebagai langkah konsolidasi Mahkamah Agung di level Pengadilan Negeri maka , Pengadilan Negeri ( PN) Dataran Hunipopu di Kabupaten SBB, menggelar kegiatan pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Dataran Hunipopu, yang berlangsung di ruang pertemuan utama, Kantor PN Dataran Hunipopu, Jalan Pendidikan, Kota Piru, Kabupaten Seram Barat, pada Senin, (25/1/2021).

Dalam kegiatan itu, Hakim Muhamad Arief Kusumo SH MH dilantik menjadi Wakil Ketua Pengadilan Negeri Dataran Honipopu mengisi jabatan yang lowong, karena sebelumnya ditinggalkan oleh Agus Trianto SH MH , yang menempati jabatan Ketua PN Dataran Hunipopu menggantikan ketua PN sebelumnya, Johanis Dairo Mallo SH MH.

Hadir dalam kegiatan itu , Bupati SBB, Drs Moh Yasin Payapo M Pd, Ketua PN Dataran Hunipopu, Agus Trianto SH MH, Kepala Kejaksaan Tinggi Dataran Hunipopu, Sigit Carvalo SH MH, Kapolres SBB, AKPB Bayu Tarida Butar-Butar SIK, Dandim 1502/Masohi, Letkol Inf Nunung Wahyu Nugroho, Pabung Kodim Persiapan SBB,Mayor Inf Parlindungan Sinaga ,Kepala Lapas Kelas IIB Piru, Taufik Rachman, Ketua DPRD SBB, Rashid Lisaholith, S.Pi , Sekda SBB, Mansur Tuharea SH,Pastor Paroki gereja katolik Santa Theresia, pastor RD Goris Matly Pr , Ketua Pengadilan Agama Dataran Hunimoa, AdiSufriadi, SHI.

Dalam sambutannya, Bupati SBB, Drs Moh Yasin Payapo M Pd menyatakan, dengan adanya langkah PN Dataran Hunipopu mengisi kekosongan jabatan Wakil Ketua Pengadilan adalah dalam rangka peningkatanan kerjasama secara internal maupun secara eksternal dengan Pemda maupun semua OPD lainnya dalam rangka menyelesaikan persoalan- persoalan masyarakat pencari keadilan di Kabupaten ini.

Payapo mengungkapkan keyakinannya bahwa ,wakil ketua PN Dataran Hunipopu yang baru, Muhammad Arief Kusumo SH MH dapat beradaptasi dengan kondisi di Kabupaten SBB, karena memiliki pengalaman bertugas di beberapa daerah lainnya di Indonesia.

Sebagai informasi, Bupati SBB ini menggambarkan ciri dan karakteristik Kabupaten SBB yang terdiri dari 11 kecamatan dan dengan jumlah penduduk sebanyak 227.000 jiwa , dengan kontur daerah ada yang dataran ada yang bergunung – gunung.

Pada periode Tahun 2018- 2019, di Kabupaten SBB telah terjadi gempa tektonik yang titik episentrumnya di daerah Kairatu , Gempa tersebut bermagnitudo 6,5 SR, yang selanjutnya disusul dengan gempa kecil lain yang jumlahnya mencapai ribuan kali, tapi hingga saat ini intensitas gempa makin berkurang dan sudah tidak ada lagi.

Sementara Ketua PN Dataran Hunipopu, Agus Trianto SH MH dalam sambutannya mengatakan, penunjukkan Muhamad Arief Kusumo SH MH sebagai wakil ketua PN Dataran Hunipopu, telah melalui proses fit and proper tes yang sangat ketat oleh pihak MA, sehingga Arif Kusumo telah memenuhi kualifikasi sebagai salah satu pucuk pimpinan di Pengadilan Negeri kelas II ini, karena itu pencapaian ini sehingga patut diapresiasi.

Menurut Agus, jabatan wakil ketua PN adalah merupakan tolak awal untuk meraih jabatan pimpinan yang lebih tinggi lagi.

Karena itu, ketua PN ini percaya, Arief Kusumo dapat segera berbaur dan beradaptasi dengan kinerja seluruh warga pengadilan Dataran Hunipopu, sehingga dengan kehadirannya akan membantu pengadilan untuk bergerak lebih maju lagi guna meningkatkan pelayanan prima bagi warga pengguna layanan pengadilan dan juga bagi para pencari keadilan.

Selain itu, kedepan PN Dataran Hunipopu punya agenda penting, yakni membagun zona integritas menuju wilayah bebas korupsi.
Penulis : Nicko Kastanja
Editor : Redaksi

Comment

Direkomendasi