by

Harap Masyarakat Tertib Buang Sampah, Dinas Lingkungan Hidup SBB Rutin Bersihkan TPS

-Ragam-378 views

PIRU,N25NEWS.com -Kepala Dinas Lingkungan Hidup SBB, Leonard Kakisina menyesalkan prilaku Masyarakat Piru dan sekitarnya yang belum memahami pentingnya menjaga kebersihan lingkungan , pasalnya masih saja ada Masyarakat yang membuang sampah tidak pada tempat yang telah disediakan, baik itu di bak sampah permanen maupun bak sampah kontener.

Menurut Kakisina yang ditemui di kantornya, pada Selasa, (24/3/2020) ada beberapa kelalaian yang dilakukan warga saat membuang sampah yakni, membuang sampah di selokan, lahan kosong dan di sungai bahkan yang sering mendapatkan perhatian adalah, prilaku Masyarakat yang membuang sampah di luar kontener sementara kontener tersebut masih kosong.

Kakiasina mengakui untuk program sosialisasi kebersihan lingkungan secara rutin, pihaknya masih terkendala dengan terbatasnya anggaran, karena itu pihaknya hanya bisa menghimbau lewat papan pengumuman yang tergolong murah.

Karena minimnya biaya sosialisasi, maka Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten SBB memilih untuk melakukan contoh bagi Masyarakat dengan melakukan pembersihan di sejumlah Tempat Pembuangan Sampah ( TPS) yang berada di Kota Piru dan sekitarnya.

“Supaya kalau Masyarakat lihat, Mereka bisa timbul kesadaran bahwa pihak Dinas saja turun bikin bersih, sehingga Mereka juga tidak berpikir ini ( sampah ) bukan urusan Katong, ini urusan Pemerintah, padahal tanggung jawab menjaga lingkungan adalah tanggung jawab bersama Pemerintah, Stakeholder dan Masyarakat’ urai Kakisina.

Disinggung mengenai sanksi bagi Masyarakat yang membuang sampah secara sembarangan, pria asal Kaibobu menyatakan, Perda persampahan sudah disahkan sejak November Tahun 2019, didalamnya sudah ada sanksi- sanksinya dan saat ini sementara dipersiapkan untuk pelaksanaannya, tetapi untuk pelaksanaan bukan hanya sebatas itu saja, karena ketika Pemda tumbuhkan kesadaran membuang sampah maka Pemda juga harus menyiapkan fasilitasnya.

Terkait kesadaran waktu untuk membuang sampah, Kakisiana menyatakan, pihaknya sudah mensosialisasikan waktu pembuangan sampah ke Lembaga Pemerintah, Swasta dan lembaga lembaga keagamaan, yakni rentang waktu pada pukul 19.00 WIT hingga pukul 5.00 WIT.pasalnya pada pukul 6.00 WIT armada sampah dari Dinas Lingkungan Hidup SBB sudah melakukan pengangkatan di areal pembuangan sampah tersebut.

Reporter :Nicko Kastanja

Comment

Direkomendasi