by

Gelar Pasukan Operasi Lilin Siwalima 2020, Bupati SBB Harap Perayaan Natal 2020 Dan Tahun Baru 2021 Khusyu dan Damai

PIRU,N25NEWS.com -Dalam rangka menciptakan situasi dan kondisi Kabupaten SBB aman dan tertib saat persiapan ibadah perayaan Natal Kristus, Jumat, (25/12/2020) dan Perayaan Malam Pergantian Tahun, Kamis, (31/12/2020), maka Kepolisian Resort Seram Bagian Barat menggelar apel gelar pasukan Operasi Lilin Siwalima 2020, Pada Senin( 21/12/2020).

Apel gelar pasukan yang berlangsung di Mapolres SBB, Jalan Trans Seram, Kota Piru, Kecamatan Seram Barat itu dipimpin oleh inspektur upacara Bupati SBB, Drs Moh Yasin Payapo MPd, sementara komandan apel, Iptu J Nuniary.

Adapun regu yang terlibat dalam apel gelar pasukan tersebut adalah: personil Kodim 1502, personil BKO TNI 732 Banau, personil Brimob K2 Yon b Piru, Satuan Sabhara Polres SBB, gabungan staf Polres SBB, personil Satlantas Polres SBB, gabungan Res – Intel Polres SBB, Satuan Pol PP & Damkar Kabupaten SBB, Perhubungan Kabupaten SBB, BNPB Kabupaten SBB,GP ANSOR Kabupaten SBB.

Hadir dalam upacara tersebut, Kapolres SBB, AKBP Bayu Taridar Butar Butar, S. I. K, Ketua DPRD SBB, Abdul Rasid Lisaholith, Sekda SBB, Mansur Tuharea, SH, Ka Lapas Piru, Taufik Rahman, Bc. IT. SH, Dandim Persiapan SBB, Mayor Inf. P Sinaga, Wakapolres SBB, Kompol Akmil Djapa. S. Ag, Wadansatgas Yonif RK 732 Banau, Mayor Inf. Eko, Kadis Pehubungan SBB Peking Caling, SH, Kadis Kesehatan SBB, dr. Anis Tapang,M Kes. Staf Pidana Umum Kejari SBB, Varits SH, Danramil Piru, Kapten Inf Agung Prabowo, Kasatpol PP dan Damkar SBB, Ampy Tehenay dan Staf Penjabat Eti, Rizard Solesala.

Saat ditemui di akhir kegiatan Bupati SBB, Drs Moh Yasin Payapo M.Pd menyatakan bahwa, kegiatan yang dilakukan oleh Polres SBB ini, didukung oleh Pemda dan seluruh unsur terlibat secara proaktif adalah untuk mengamankan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

“Harapannya bagi Pemerintah Daerah adalah, agar seluruh stakeholder dan semua Masyarakat di seluruh Kabupaten SBB harus membenahi diri keluarga serta lingkungan yang ada, sehingga pelaksanaan Natal tetap khusyu dan pelaksanaan Tahun Baru juga dalam keadaan damai sehingga hidup orang basudara tetap terjaga ” tandasnya.

Bupati juga menegaskan, konvoi dan arak-arakan di malam Natal maupun di malam pergantian tahun jangan dilakukan, karena selain tidak ada manfaatnya, kegiatan ini sering menimbulkan aksi mabuk- mabukan yang mengakibatkan situasi kemanan terganggu.

Kepada Awak media di Kabupaten yang berjuluk Saka Mese Nusa ini, Bupati juga meminta supaya mengawal jalannya pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, bahkan pers diharapkan juga mengawal kebijakan Pemda Polres, Kodim dan semua alat negara di kabupaten ini.

“Karena Kita hanya alat yang bertugas melayani Masyarakat agar hidup aman tenang dan damai” cetusnya.

Senada dengan keinginan Bupati, Kapolres SBB, AKBP Bayu Tarida Butar-Butar SIK mengharapkan, pada saat Natal dan Tahun Baru jangan ada konvoi maupun arak- arakan karena bisa memicu gangguan kerawanan, seperti ganguan keamanan, ganguan Keamanan Sosial Ketertiban dan Kelancaran lalulintas(Kamsostibcarlantas), serta dalam situasi Pandemi ini, masih ada banyak kasus yang mengalami peningkatan termasuk di Kabupaten SBB.

“Kami berharap, Masyarakat tidak melaksanakan konvoi dan arak – arakan dimalam Natal dan pergantian tahun, dan kami juga minta tolong kepada Masyarakat untuk tetap melaksanakan disiplin protokol Kesehatan, yakni hindari kerumunan massa, jaga jarak, cuci tangan dan selalu pake masker” tandasnya

Butar- Butar mengungkapkan, jika pada saat perayaan Natal dan Tahun Baru masih ada arak- arakan dan konvoi yang mengganggu keamanan, keselamatan dan ketertiban lalu lintas, maka pihak kepolisian Polres SBB akan membubarkannya.

Sebagai informasi, untuk pengamanan Natal dan Malam Tahun Baru di SBB, ada sebanyak 60 Personil TNI Polri yang diterjunkan di empat titik yakni di tiga pos pengamanan dan satu pos pelayanan yang tersebar di Waipirit, Kamal, Buano dan Tumalehu, sementara lamanya waktu Operasi Lilin Siwalima 2020 ini adalah 15 hari mulai dari tanggal 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021.

Penulis :Nicko Kastanja
Editor :

Comment

Direkomendasi