by

Dukung Investasi Tambang Nikel Di Kobar, Tokoh Pemuda Piru Nyatakan Tolak Kelompok Yang Mengatasnamakan Komunitas Adat Piru

-Ragam-162 views

Piru,N25 NEWS.com – Merasa gerah dengan pernyataan miring yang berkembang terkait rencana aktifitas Tambang Nikel di Gunung Kobar, Dusun Taman Jaya, Petuanan Desa Piru, salah satu tokoh Pemuda Desa Piru, Ronny Manupassa angkat bicara.

Lewat teleponnya ke Redaksi Media ini, Jl.Rijali No.30 Kelurahan Karang Panjang, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, pada Rabu, (14/4/2021), Manupassa menyatakan, Masyarakat Desa Piru dan Pemerintah Desa Piru tidak menolak investasi, dan mendukung sepenuhnya proses yang berlangsung di Gunung Kobar antara perusahaan dengan Pemerintah Desa Piru.

Karena itu sekempok orang yang sering naik ke Gunung Kobar dan mengatasnamakan Komunitas Adat Piru , tidak bisa bisa dianggap mewakili Negeri atau Desa Piru maupun entitas adat Negeri Piru.

Menurut Ronny, kelompok tersebut juga, tidak mengantongi ijin dari Pemerintah Desa karena itu pihak perusahaan sudah semestinya menolak kelompok tersebut, pasalnya saat proses beraktivitasnya kembali Tambang Nikel tersebut, pihak Pihak Perusahaan sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Desa Piru yang juga melibatkan BPD Desa Piru.

Ronny menandaskan, dalam kesepakatan antara pihak perusahaan dan Pemerintah Desa Piru tersebut ada perhatian dari Perusahaan terhadap pemberdayaan Masyarakat, dimana Para Pemuda Piru akan dilibatkan dalam pekerjaan di Perusahaan Tambang tersebut.

” Hadirnya perusahaan ini untuk mengedepankan kepentingan kesejahteraan Masyarakat Negeri Piru” imbuhnya.

Sementara Pejabat Negeri Piru, Royanto Manupassa mengungkapkan, Dalam Undang – Undang No 11 Tahun 2020, atau Omnimbus Law UU Cipta kerja mengutamakan Investasi didaerah dan pembukaan lapangan kerja.

Pada pasal 1 ayat 1 UU No 11 Tahun 2020, atau Omnimbus Law Cipta Kerja menyebutkan, Cipta Kerja adalah upaya penciptaan kerja melalui usaha kemudahan, perlindungan, dan pemberdayaan koperasi dan usaha mikro, kecil, dan menengah, peningkatan ekosistem investasi dan kemudahan berusaha, dan investasi Pemerintah Pusat dan percepatan proyek strategis nasional.

Karena itu Menurut Pejabat Piru tersebut, lewat investasi itu akan menyerap tenaga kerja, sehingga pendapatan keluarga pekerja di tambang Nikel tersebut akan meningkat.
Sementara pernyataan Kelompok yang mengklaim dirinya anak Adat, terkait kehadiran aparat keamanan di lokasi tambang itu, sangat disesalkan Ronny Manupassa, karena menurutnya kehadiran aparat keamanan dilokasi itu adalah dalam rangka menjalankan tugas negara yakni mengawal proses investasi di daerah.(**)

Editor : Redaksi

Comment

Direkomendasi