by

Dampak Pandemi Corona, Bantuan Pemda SBB Prioritaskan Keluarga Miskin & Miskin Baru

-Ragam-319 views

WAISAMU,N25NEWS.com – Akibat Pandemi Corona yang membatasi aktifitas warga juga sangat berpengaruh bagi perekonomian Masyarakat di Kabupaten SBB, untuk itu Pemda SBB melakukan langkah- langkah penanganan prioritas bagi Keluarga Miskin dan Keluarga Miskin Baru sebagai akibat dari dampak Pandemi Virus Corona tersebut.

Bupati SBB, Drs Moh Yasin Payapo M PD, didampingi oleh Wakil Bupati SBB, Timotius Akerina SE, MM yang ditemui usai pembagian paket bantuan Masker dan Sembako bagi 93 Keluarga Miskin di Desa Waisamu, Kecamatan Kairatu Barat, Kabupaten SBB, pada Sabtu, (18/4/2020) menyatakan, pembagian bantuan itu, dilakukan untuk menanggulangi kesulitan Masyarakat paska Pandemi Corona.

Payapo merincikan, jumlah keluarga miskin di Kabupaten SBB adalah sekitar 19 ribu KK, dimana 13 ribu KK sudah diakomodir melalui Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Langsung Non Tunai, sehingga tersisa 6000 KK.

Dari jumlah 6000 KK tersebut, Pemerintah Pusat lewat Kementrian Sosial -RI akan membantu 4000 an KK , sehingga jumlah KK yang harus mendapatkan prioritas untuk diberi bantuan paska Pandemi Corona ini adalah 1349 KK

“Dari jumlah 1349 KK tersebut, hari ini Kita sedang validasi jumlah anggota keluarganya, kalau 1349 dengan per KK Bapak, Ibu dan dua anak sehingga berjumlah empat orang, maka Kita akan dapat 5000an, kalau lima orang maka jumlahnya berkisar 6000an orang ” jelas Payapo.

Selain itu Bupati mengungkapkan, Pemda SBB juga akan memberikan bantuan kepada KK miskin baru, klasifikasi pengemudi ojek, pedagang asongan, Supir Mobil, Pekerja lepas harian di toko yang terkena dampak PHK.

Namun ke empat klasifikasi itu tidak berlaku jika, salah satu isteri atau suami pasangan itu masuk dalam klasifikasi pekerjaan yang tidak mendapat bantuan akibat Pandemi Corona yakni PNS,TNI /Polri dan Pensiunan.

“Data Mereka (Keluarga Miskin Baru) saat ini juga sedang divalidasi” cetusnya.

Sementara terkait jumlah keluarga miskin penerima bantuan dampak.Pandemi Corona di Desa Waisamu berjumlah 93 KK, Menurut Payapo kelompok ini akan diberi bantuan Tunai selama Bulan Juni hingga Desember 2020..

Reporter :Nicko Kastanja

Editor :Redaksi

Comment

Direkomendasi