by

Bupati SBB Harap Peserta Pelatihan Ketrampilan Pelaku Usaha Ekonomi Kreatif & Pariwisata Dapat Tingkatkan Bidang Usaha Pariwisata

PIRU,N25NEWS.com – Dalam rangka peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia( SDM) dibidang Pariwisata, maka Dinas Pariwisata Kabupaten SBB menggelar Kegiatan Pelatihan Ketrampilan Bagi Pelaku Usaha Ekonomi Kreatif dan Pariwisata yang berlangsung di ruang Pertemuan Penginapan Mentari, Dusun Waimeteng Darat, Kota Piru , Kecamatan Seram.Barat, pada Rabu, (18/11/2020).

Hadir dalam Acara tersebut Bupati SBB, Drs Moh Yasin Payapo, M Pd, Kepala Dinas Pariwisata SBB, Johanis M.Soukotta S.Sos, Trainer Bidang Pariwisata Provinsi Maluku, Ir.Th.E.E.A.Matruty dan 40 Peserta Pelaku usaha Pariwisata.

Dalam sambutannya Bupati SBB, Drs Moh Yasin Payapo M Pd menyatakan, kegiatan ini dilakukan untuk untuk mempersiapkan tenaga usahawan yang nantinya, akan menjadi pelopor dan penopang dalam pengembangan sektor Pariwisata di SBB.

“Insyaallah. setelah Kita kembangkan destinasi wisata, maka Saudara – Saudara peserta diharapkan dapat hadir sebagai pionir untuk mempersiapkan hal – hal yang dibutuhkan bagi upaya pengembangan wisata itu sendiri” Kata Bupati

Bupati mengharapkan, kegiatan pelatihan ini dapat dijadikan sebagai langkah maju, yang berarti para peserta harus serius mengikuti hingga mendapatkan hasil yang optimal, jangan sampai berhenti di tengah jalan, sehingga ketika pada saatnya Kadis Pariwisata SBB membutuhkan maka akan repot kembali untuk mencari orang -orang yang penah dilatih.

Karena itu Bupati SBB menegaskan, Pemerintah Daerah punya kepentingan dengam Bapak.dan Ibu Peserta yang mengikuti kegiatan ini, dimana hasil yang diperoleh tidak berakhir sampai disini saja, tetapi harus direalisasikan dan ditingkatkan melalui usaha Bapak, Ibu Peserta.

Payapo menambahkan, untuk pengembangan obyek wisata, ditahun 2021 dirinya telah memerintahkan sejumlah dinas terkait, untuk melakukan pembenahan objek wisata, tempat permandian Air Putri di Desa Kawa dan Air terjun di Desa Lumoly secara bersama- sama.

“Dinas PU akan menyiapkan jalan masuk ke tempat wisata, Dinas Perindag akan membuat tempat jualan dan sebagainya, hanya saja untuk Air Terjun Lumoly masih ada kendala lahan ” kata Bupati.

Menurut Payapo dengan adanya pembenahan sejumlah objek wisata di Kabupaten SBB seperti tempat permandian Air Putri ( Kawa), Air Terjun Lumoly, Air Terjun Rumakay, Dan Land Mark Piru yang sedang dibangun itu maka diharapkan sejumlah destinasi wisata tersebut dapat menjadi ikon wisata baru di Maluku,

“Mengingat destinasi wisata di Pulau Ambon, seperti pantai Natsepa( Suli) , Pantai Liang dan Pantai Namalatu di Latuhalat Masyarakat sudah mulai jenuh,sehingga Kita akan berusaha menarik perhatian para Wisatawan baik dari Ambon maupun di Maluku serta luar Maluku untuk mengunjungi Destinasi Wisata di SBB.” kata Payapo.

Penulis : Nicko Kastanja
Editor : Redaksi

Comment

Direkomendasi