by

Bawa Nama Bisa Jatuhkan Popularitas , Walang Aspirasi Minta Bupati SBB Tegas

-Ragam-1,206 views

PIRU,N25NEWS.com -Kabar yang menyatakan bahwa ada person atau tim yang membawa-bawa nama Bupati SBB, untuk mendapatkan hak mengelola dana Dana Alokasi Khusus Bidang Pendidikan di sekolah-sekolah di SBB mendapat tanggapan dari Ketua Walang Aspirasinya Maluku, Christian Sea.

Menurut Christian yang ditemui di Kota Piru, Selasa, (26/11/2019) menyatakan, pencatutan nama Bupati SBB tersebut akan berdampak pada persepsi publik yang memberikan kesan negatif terhadap Yasin Payapo, padahal selama tiga tahun memimpin Kabupaten yang berjuluk Saka Mese Nusa ini, Christian menilai bahwa keberhasilan berhasil diraih selama masa kepemimpinan Bupati Payapo.

“Sudah banyak perubahan kearah kemajuan yang signifikan, kalau ada yang masih kecewa dengan kepemimpinan Beliau, ( Dr Moh Payapo M.Pd) adalah sesuatu yang wajar karena sebagai manusia, Beliau juga tidak luput dari kekurangan, selain itu besarnya APBD SBB tidak mencukupi untuk membangun secara masif di seluruh wilayah SBB”jabar Pria asal Taniwel ini.

Ia menyatakan, selama tiga tahun masa kepemimpinan Bupati Yasin Payapo dan Wakil Bupati Timotius Akerina sudah hampir 75 persen Visi Misi pasangan yang mengusung Jargon Yakin ini sudah terlaksana dengan baik.

Salah satu keberhasilan Bupati Yasin Payapo adalah pembangunan Jalan dari Taniwel Kota ke daerah pengunungan di Taniwel, dimana selama masa kemerdekaan baru pada masa Pemerintahan ini, Masyarakat Taniwel sudah dapat merasakan akses jalan ke pegunungan” ini merupakan prestasi yang harus diapresiasi” cetusnya.

Karena itu, Christian menegaskan, untuk pengelolaan Dana Alokasi Khusus bidang Pendidikan di SBB, Ia menganjurkan harus dilakukan sesuai Petunjuk Teknis yaitu Kepala Sekolah dengan melibatkan pihak Komite Sekolah yang dikerjakan secara Swakelola.

“Jangan ada lagi pihak-pihak yang mengatasnamakan Bupati atau Kadis Pendidikan mengintervensi Kepala Sekolah untuk mengerjakan DAK di sekolah,”imbuhnya.

Christian menandaskan, dengan pengelolaan DAK yang tidak sesuai Juknis akan sangat berdampak pada nama baik Kabupaten SBB di mata Pemerintah Pusat, sehingga berpengaruh pada pengalokasian Dana DAK di Tahun berikutnya.

Meskipun menilai, Bupati SBB, Drs Yasin Payapo sudah sangat profesional dalam menjalankan pemerintahannya, tetapi tindakan person maupun tim yang mengatasnamakan Bupati akan menggerus wibawa Pemda SBB juga akan berpengaruh pada Orang nomor satu di Kabupaten SBB ini untuk mencalonkan dirinya kedepan.

“tidak boleh lagi hal seperti ini terjadi lagi karena akan menyandera popularitas dan intergritas Bupati itu sendiri apabila dibiarkan berlarut-larut.”kunci Chistian.

Reporter : Nicko Kastanja

Editor : Redaksi

Comment

Direkomendasi