by

Bantu UKM & Koperasi, Bupati SBB Puji Keuletan Masyarakat Wael Kelola Potensi Rumput laut & Perikanan

-Ragam-178 views

Wael,N25NEWS.com – Bupati SBB, Drs Moh Yasin Payapo M. Pd, menyerahkan bantuan bagi Usaha Kecil Menengah ( UKM) dan Koperasi di Dusun Wael, Petuanan Piru, yang dilangsungkan di Balai Dusun Wael, Kecamatan Seram Barat, pada Selasa, (16/2/2021).

Dalam acara tersebut, Bupati SBB, Drs Moh Yasin Payapo M Pd didampingi oleh PLT Kadis Koperasi dan UMK SBB, Nawir Manuputty beserta rombongan, sementara dari Dusun Wael hadir kepala Dusun, Perangkat Dusun, ibu- ibu pengelola Usaha Kecil Menengah ( UKM) dan Koperasi, Masyarakat Wael dan turut hadir juga sejumlah awak media.

Bupati SBB, Drs Moh Yasin Payapo M.Pd dalam sambutannya menyatakan, bahwa Dusun Wael menyimpan potensi produk unggulan, pasalnya Masyarakat Wael sangat rajin dan tekun bekerja mengumpulkan rezeki yang halal.

“Beta berterima kasih untuk Bapak – Bapak, Ibu – Ibu dan Masyarakat Dusun Wael, tadi ada produk sirup rumput laut, memang untuk petani rumput laut di Kabupaten SBB ini, tidak sampai lima Daerah kalau Beta hitung, hanya ada dibeberapa tempat termasuk Wael, dan yang di Wael ini yang paling aktif, karena itu Beta harapkan, yang paling utama adalah petani pembudidaya rumput laut ini, harus mengelola potensi rumput laut ini, secara optimal sehingga dari hasil rumput laut itu, bisa mendapatkan manfaat sebesar- besarnya untuk hidup dan kehidupan semua Masyarakat di Wael,” ungkapnya.

Kemudian Bupati juga menyoroti potensi perikanan di Dusun yang bertetangga dengan Kotania bawah itu, potensi ikan disini juga sangat banyak, karena Masyarakat di sini juga aktif melakukan penangkapan maupun budidaya.

“Beta sangat bangga, karena Masyarakat begitu cekatan dalam hal mencari rezeki bagi penghidupan setiap hari” kata Bupati.

Bupati mengatakan, akan juga memberi bantuan coolboks yang akan diserahkan secara simbolis kepada Masyarakat Wael,selain itu bantuan coolboks lainnya akan diserahkan kepada Masyarakat di Kairatu Raya, tetapi hingga kini pihaknya masih melihat Desa mana yang akan diberikan, pasalnya, Desa Kamariang, Tihulale, dan Rumakai tidak ada masyarakat yang kerja ikan, sehingga akan dipilih antara Masyarakat Dusun Wailey atau Kairatu.

Menurutnya, bantuan-bantuan dari.Dinas koperasi dan UKM SBB akan diberikan secara merata kepada Masyarakat, sehingga jika kali ini Masyarakat di Wael telah menerima bantuan maka selanjutnya akan bantuan akan dibagikan kepada Masyarakat di desa lainnya.

Mengingat Kabupaten SBB terdiri dari 11 Kecamatan, 92 Desa, 127 Dusun maka bantuan harus dibagi secara merata bagi daerah- daerah tersebut.

Bupati juga menjanjikan akan membenahi jalan masuk kedusun Wael yang sudah rusak, tetapi berhubung keterbatasan anggaran maka yang tahapan pembenahan jalan tersebut tidak sampai ke Butas atau pengaspalan.

Penulis : Nicko Kastanja

EditorĀ  : Redaksi

Comment

Direkomendasi